Tebarkan Iman dengan Cinta, Ubah Dunia dengan Prestasi, Dan Jadikan Hidup Penuh Arti....

Full width home advertisement

My Stories

Post Page Advertisement [Top]



                Indonesian Youth Conference merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh pemuda-pemuda Indonesia, yang bertujuan untuk mengumpulkan dan berbagi masalah dan ide, meningkatkan kepedulian pemuda terhadap isu-isu terkini dan meyakini masyarakat bahwa suara pemuda harus didengar dan ditanggapi dengan serius.

                Kegiatan ini terdiri dari 2 jenis , forum dan festival. Pada forum IYC, diundang sekitar 33 pemuda berusia 15 sampai 21 tahun  dari seluruh indonesia untuk mewakili provinsi mereka masing-masing di acara ini. Untuk menjadi duta provinsi harus melalui pendaftaran dan tahap seleksi. Pemuda-pemuda tersebut diharapkan dapat aktif di komunitas masing-masing dan dapat membuat perubahan menuju indonesia yang lebih baik. IYC akan mengorganisir beberapa sesi seminar dan lokakarya untuk memupuk kemampuan kewirausahaan mereka yang akan memaksimalkan potensi mereka dalam menjadi agen perubahan.

                Pada festival IYC, diselenggarakan berbagai seminar dan lokakarya yang dapat dikunjungi oleh siapa pun dengan membeli tiket masuk. Sesi seminar dan lokakarya di festival ini bersifat umum, meliputi berbagai isu. Mulai dari kepemerintahan, politik, budaya , kreatifitas, teknologi informasi, lingkungan, pendidikan, kesehatan, kewirausahaan , sosialm , jurnalisme dan media. Di festival ini, para pemuda bisa belajar memperluas jaringan mereka.

                Sabtu, 7 Juli 2012 – Indonesian Youth Conference Festival diselenggarakan di Thamrin Nine Ballroom. Acara dimulai dari pukul 08.00 – 21.00 WIB.  Terdapat bererapa sesi seminar acara ini. Tiap sesinya terdapat 4 topik bahasan yang berbeda-beda dan di ruangan yang berbeda. Kita diharuskan untuk memilih 1 diantara keempat topik tersebut.  Dan pada penghujung acara, diadakan malam kebudayaan.

                Acara diawali dengan pembukaan dan sambutan-sambutan serta penampilan duta-duta dan delegasi forum IYC sampai sekitar jam 10.00 WIB. Dilanjutkan dengan break sejenak, kita bisa melihat pameran-pameran Artspace yang diikuti oleh seniman muda hasil seleksi open submission, seniman undangan, maupun pemenang Nirmana Award. Selain itu ada Expo yang diikuti oleh berbagai komunitas dari bidang yang berbeda-beda.

                Sesi seminar pertama dimulai pada jam 10.15 WIB. Pada sesi ini terdapat 4 topik pembahasan yang harus kita pilih, Jurnalisme dan Media Sosial, Pendidikan, HAM, dan Anti Korupsi. Pada sesi ini yang ku pilih adalah Jurnalisme dan Media Sosial, dengan tema “Jurnalisme dan Media Sosial sebagai Senjata Perubahan.” Disini dipaparkan bagaimana media sosial itu dapat membuat perubahan pada masyarakat, dan juga peran media sosial online, seperti Facebook dan Twitter yang terus mengalami perkembangan sebagai media penyebar informasi.

                Pada sesi kedua, terdapat 4 topik, Gerakan Pemuda, Kreativitas, Olahraga, dan Politik. Pada sesi ini yang ku pilih adalah Kreativitas dengan tema “Semangat Berkreasi Tanpa Batas.” Salah satu pemateri pada sesi  ini adalah Didi Petet, seorang artis dan juga aktor senior yang sudah mempunyai segudang pengalaman di dunia kesenian.  Disini kita dijelaskan beberapa hal mengenai kreatifitas :

1.       Kreatifitas membutuhkan Imajinasi dan Mimpi
2.       Seorang yang kreatif harus Kritis dan juga Mempunyai Visi
3.       Kreatifitas terkadang tidak memerlukan Logika.
4.       Kreatifitas tidak ada batasnya.
5.       Kreatifitas butuh Keberanian


Pada sesi ketiga, topik yang kupilih adalah Diplomasi, dari ketiga topik lainnya yaitu Ekonomi & Kewirausahaan, Sudut Pembaharu, dan Sejarah.  Tema kali ini adalah “Pemuda sebagai Representasi Indonesia di Panggung Dunia.” Disini dijelaskan tentang diplomasi, bagaimana supaya bisa menjadi  duta negara, dan bisa mengikuti program youth exchange. 

Sesi terakhir adalah surprise session. Pada sesi ini, sebelumnya kita tidak diberitahu siapa pematerinya. Dan menjadi suatu kejutan, ketika moderator membacakan CV dari pemateri yang mempunyai nama asli Drs. Suyadi, atau yang biasa dikenal sebagai Pak Raden. Ruangan menjadi bergemuruh dengan teriakan-teriakan peserta yang menyambut kedatangan Pak Raden ke atas panggung.  Kemudian satu pemateri lagi yang ku lupa namanya. Seperti biasa, yang Pak Raden lakukan adalah mendongengkan para peserta sebuah cerita hikmah dengan suaranya yang khas tentang seekor beruang dan majikannya. Inti dari cerita tersebut adalah lebih baik memiliki seorang musuh yang pintar dari pada memiliki teman yang bodoh. Mengajarkan kita bahwa sebagai  pemuda haruslah cerdas agar dapat memberikan kontribusi dan perubahan kepada negara agar lebih baik.

Setelah rangkaian seminar selesai, tibalah malam kebudayaan. Ini merupakan acara yang ditunggu-tunggu. Disini ditampilkan tari kecak, tarian daerah bali ; grup band Hivi ; dan penampilan terakhir yang sangat menghebohkan dan paling ditunggu oleh para peserta adalah penampilan dari Raisya. Hivi dan Raisya juga masing-masing membawakan 5 buah lagu. Panggung terasa sangat ramai membuat ruangan serasa mau roboh.

Acara berakhir sekitar jam 21.00 WIB. Pulang ke rumah dengan rasa lelah, tapi banyak pelajaran dan juga pengalaman baru yang di dapat, diantaranya adalah lebih tahu dan mengenal tentang komunitas-komunitas pemuda di Indonesia yang beragam dan bergelut di berbagai bidang. Masih banyak peran kita sebagai pemuda yang belum kita maksimalkan, karena sebenarnya masa depan suatu bangsa berada di tangan pemuda-pemudanya. Bagaimana peran aktif pemuda tersebut mengembangkan dan memajukan bangsanya agar tidak kalah dikancah global dengan negara-negara lain. Meningkatkan kesadaran dan juga mendorong para pemuda agar lebih kreatif dan terus mengembangkan bakat yang dimiliki.



Community Expo
Community Expo
Artspace Exhibition
Artspace Exhibition
Potret Jakarta


  
Card to Post : kartu pos buat presiden yang unik-unik

Raisya menyanyikan 5 buah lagu 
Buku-buku, pin dan stiker yang didapat gratis dari IYC

2 komentar:

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib